Tips Mudah Membersihkan Kran Air

07/14/2014 21:19

Kran air merupakan bagian yang terkesan sepele dalam rumah tangga. Namun, mengingat perannya sebagai penyalur air, apalagi untuk air bersih, menjadikan perangkat tersebut harus mendapatkan perhatian. Kran air biasa digunakan pada wastafel, bak mandi, atau berbagai saluran air lainnya, menjadikan kran air rentan terhadap kotor dan karat.

Kran air yang baru tampil mengkilap, dapat berubah menjadi buram seketika sesaat setelah terpasang. Bahkan fungsinya pun bisa menjadi berkurang. Walaupun produk terbaik seperti kran air Yuta mampu menjanjikan kualitas bahan kuat dan tahan lama, namun tanpa dirawat tetap saja akan menjadi kusam dan bahkan rusak tak bisa dipakai. Untuk itulah perawatan berkala juga dibutuhkan agar fungsi kran air tetap maksimal. Maka, dalam menjaga agar kran air yang terpasang itu tetap mengkilap dan dapat berfungsi sebagaimana mestinya, dapat dilakukan beberapa tips berikut ini :

  • Sesudah digunakan, selalu keringkan kran air dengan lap yang kering dan bersih. Ini dilakukan untuk mencegah sisa air maupun sabun yang melekat pada permukaannya.
  • Untuk membersihkan kran yang sudah kotor, gosoklah kran dengan bahan pembersih untuk stainless steel. Lalu bilaslah dengan air panas, kemudian lap kran hingga kering.
  • Jika kran air bernoda kapur, ambillah kapas dan tetesi sedikit cuka. Gosokkan kapas tersebut pada kran selama beberapa menit. Kemudian, setelah itu biarkan selama 1- 2 jam, hingga noda kapur pun akan larut. Setelah itu segera bilas dengan air bersih.
  • Bila air pada kran menjadi kotor, gunakan kapas serta selembar plastik bening. Lubangi plastik tersebut, lalu masukkan kapas ke dalamnya. Ikatkan pada mulut kran hingga air yang keluar dari kran pun akan menjadi bersih dan bening. Gantilah filter buatan ini secara berkala.
  • Jika kran mampet, lepaskan dulu kepala kran, lalu rendamlah dengan larutan cuka semalaman, sehingga kotoran (pengapuran) yang menyumbat lubang kran akan keluar. Setelah itu bilaslah dengan air bersih dan pasang kembali. Cara ini juga efektif saat kran air mulai berbunyi pada saat diputar.